Langsung ke konten utama

Gunung Cikuray

Sambil mengingat-ingat perjalanan pertama kali mendaki gunung yaitu Gunung Cikuray. Hmm.

Sekilas Tentang Gunung Cikuray

Gunung Cikuray adalah gunung yang bertipe stratovolcano atau gunung berapi kerucut yang mempunyai ketinggian 2.821 Meter Diatas Permukaan Laut. Gunung cikuray sendiri terletak di Dayeuhmanggung, Kabupaten Garut, Jawabarat, Indonesia. Tidak mempunyai kawah aktif di atasnya dan merupakan gunung tertinggi ke empat di Jawa Barat setelah Gunung Ciremai, Gunung Pangrango dan Gunung Gede.

Sejarah

Adapun sejarah gunung cikuray yaitu, Beberapa naskah kuno menyebut Gunung Cikuray sebagai Gunung Srimanganti atau Srimanganten. Sekitar abad ke-17, lereng Gunung Cikuray menjadi mandala, yaitu pusat pertapaan para pendeta dan kegiatan tulis menulis kerajaan Padjadjaran. Bukti bukti tertulis mengenai mandala ini masih tersimpan disebuah cagar budaya Ciburuy di Kecamatan Cigedug. Sumber

Transpportasi

Transportasi untuk mencapai gunung cikuray bisa menggunakan kendaraan pribadi, kereta atapun angkutan umum seperti bus antar kota antar provinsi, nah kebetulan saya sendiri dari daerah Tangerang-Banten, Ketika menuju ke gunung cikuray saya menggunankan (Menumpang) moda transportasi mobil truk sayur dari pasar tanah tinggi, Pendaki daerah Tangerang pasti sudah hafal dengan moda transportasi tersebut. Lumayan untuk mengirit budget sampai terminal Guntur Garut. jangan ditanya kenyamanannya, karena kalian akan merasakan kenyamanan yang luarrr biasa jika menggunakan transportasi truk sayur tersebut.



Jika menggunakan bus, kalian tinggal pilih beraneka macam bus yang ada dengan tarif masing masing bus dengan tujuan terminal Guntur Garut. tentunya lebih nyaman dan kalian bisa tidur dengan nyenyak.

Dari terminal Guntur Garut perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan angkutan umum 06 jurusan Cilawu, dan berhenti di pertigaan genteng lalu dilanjutkan dengan menggunakan jasa ojek ke Pos pendakian pemancar. atau bisa  menggunakan mobil colt dari terminal Guntur Garut dan langsung diantar ke Pos pendakian Pemancar.

Pendakian

Di Pos pemancar kalian bisa membeli kebutuhan logistik pendakian terutama air, karena tidak ada sumber mata air sepanjang jalur pemancar.

Pendakian pertama melawati kebun teh dan jalan menanjak, pemandangan disini udah bagus kok, ada sedikit bonus jalan landai. tapi setelah melewati jalur ini jangan mengharapkan ada jalan landai sampai kepuncak. Belum siap mendaki ? Lebih baik mundur dari sekarang!


Memasuki pos 1 jalan sudah memasuki jalur hutan dan akar akar pepohonan melintang dan masih terus menanjak.


dahulu kala di pos 2 dan 3 ada sumber air dari paralon yang bocor tapi sekarang sudah tidak ada lagi.
perjalanan dari Pos 1 Sampai Pos 6 atau puncak bayangan menghabiskan waktu 5-6 jam mendaki tanpa bonus. di pos 6 kalian bisa mendirikan tenda karena lahan datar yang lumayan luas.
dari pos 6 menuju puncak membutuhkan waktu 1-2 jam mendaki dan tanpa bonus pula.



oiya sebelum sampai puncak atau di pos 8 kalian bisa mendirikan tenda juga karena lahan yang cukup luas. dari pos 8 hanya butuh waktu 5 - 10 menit untuk sampai puncak cikuray.

sebelum melihat keindahan dari puncak cikuray, sebaiknya lihat foto ini terlebih dahulu.






sudah ramai pendaki yang ingin melihat keindahan dari puncak Gunung Cikuray.

dan keindahannya sperti ini . . . .

.
.
.
.








terima kasih telah berkunjung, mohon maaf bila tulisannya masih berantakan.

sedikit pesan jika kalian ingin mendaki. 

"Bawa Turun Kembali Segala Bentuk Sampah Yang Kalian Bawa !!!"

Semoga Bermanfaat.




Komentar